/body-and-mind/cantik/21669-cara-efektif-menyingkirkan-komedo-putih.html

Cara Efektif Menyingkirkan Komedo Putih

Senin, 29 April 2013 08:33



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Apa sih bedanya komedo dengan jerawat? Komedo adalah hasil dari kotoran dan minyak yang bersembunyi di balik pori-pori. Komedo ada dua jenis, yang satu berwarna putih dan yang lain adalah seperti bintik-bintik hitam yang mengisi pori-pori. Komedo putih tidak padat, cenderung seperti pasta yang apabila dipencet dia akan keluar dari kulit.

Kedua jenis komedo tentu saja menjengkelkan, namun yang jauh lebih harus diperhatikan adalah komedo putih. Komedo putih juga bisa menjadi cikal jerawat apabila dibiarkan atau terinfeksi. Ia akan membesar dan meradang di kulit.

Agar tidak keburu menjadi jerawat, sebaiknya komedo putih ini lekas disingkirkan. Tidak perlu memencet dan membuatnya sampai infeksi, karena Anda cukup menggunakan beberapa masker buatan sendiri, seperti berikut ini:

Masker Kentang

Gunakan kentang sebagai masker di wajah. Caranya adalah dengan memarut kentang atau mengirisnya tipis-tipis, kemudian diaplikasikan di seluruh wajah. Lakukan dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masker jeruk nipis

Mencerahkan sekaligus menyegarkan, jeruk nipis dapat mengusir jerawat dan komedo hitam maupun putih. Hanya perlu diaplikasikan sebagai moisturizer atau masker, maka komedo enggan tinggal lama di wajah Anda.

Masker yogurt

Kalau yang satu ini khasiatnya dapat melembutkan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu, bila dicampur dengan oatmeal dan diaplikasikan di wajah, maka ia dapat membantu menyingkirkan komedo putih.

Masker sandalwood

Masih jarang sih ditemui di Indonesia, namun bahan wewangian ini apabila dicampur dengan air mawar dapat membantu menghilangkan komedo putih, membuat kulit lebih berkilau serta terlihat segar.

Masker madu

Yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah madu, karena madu adalah exfoliator alami (pengelupas). Diaplikasikan sehari sekali saja, komedo tidak akan menjadi masalah di wajah Anda.

Selain itu, madu dapat mencegah peradangan, membuat kulit jadi lembab alami dan lembut.

Masker lidah buaya

Lidah buaya dapat mencegah infeksi pada kulit yang diakibatkan oleh komedo. Sehingga jerawat tidak sampai muncul dan merawat kulit yang memiliki bekas/ noda jerawat.

Aplikasikan pada wajah Anda dua kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bersinar.

Masker putih telur

Ambil sebutir telur ayam kampung, pisahkan putih dari kuningnya. Pulaskan pada wajah sebagai masker dan biarkan hingga kering dan terasa kencang.

Masker ini efektif mengencangkan kulit serta mengangkat komedo dari wajah.

Masker pisang

Buah yang satu ini juga ampuh mengusir komedo lho. Caranya adalah dengan menghancurkan buah tersebut kemudian mengaplikasikannya pada wajah dengan cara dimassage. Biarkan sejenak hingga meresap pada kulit kemudian bilas.

Tidak sulit kok untuk menjadi cantik alami itu. Hanya memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membuat kulit tampil maksimal. Selamat mencoba. (vem/bee)

BACA JUGA:

Sembuhkan Jerawat Dengan Masker Kayu Manis

Masker Pepaya Untuk Hilangkan Noda Hitam di Wajah

Masker Yogurt Wortel Untuk Menyegarkan Wajah

Menghilangkan Komedo Dengan Perasan Jeruk Lemon

Masker Sayur Untuk Kulit Cantik Buatan Sendiri

Cara Mendapatkan Bibir Merah Dengan Alpukat

5 Pemutih Wajah Alami, Aman dan Efektif






ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...