Sukses

Beauty

Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak Untuk Yang Aktif

Kulit berminyak memang terkadang menyusahkan ya, Ladies. Apalagi jika kita sering melakukan aktifitas di luar ruangan. Tersengat panas matahari memang tidak bagus untuk kesehatan kulit kita, apalagi untuk kita yang memiliki jenis kulit berminyak. It feels like a doomsday.

Beberapa cara disarankan oleh seorang ahli dermatologist, Dr. Kiran Lohia, MD. Dilansir oleh Halth Me Up, ia mengatakan bahwa ada 5 cara mudah untuk merawat kulit berminyak, khususnya pada musim kemarau atau musim panas. Yuk, kita cek apa saja tips dari Dr. Kiran ini:

1. Hindari cahaya matahari secara langsung

Kebanyakan wanita memang saat ini banyak yang bekerja di luar ruangan. Ini tentu mengharuskan mereka untuk terkena panas dari matahari secara langsung. Dr. Kiran memag tidak semata-mata meminta Anda untuk tetap berada di dalam ruangan seharian, namun ia berkata bahwa pada jam-jam tertentu, matahari bersinar sangat intens.

Terpapar sinar matahari langsung akan membuat produksi minyak dalam kulit Anda meningkat, terlebih paparan sinar UV juga tidak bagus untuk kulit. Anda disaranka untuk menghindari sinar matahari pada jam 10 pagi hingga 3 sore. Ini merupakan waktu dimana matahari sedang getol mengeluarkan panas dan cahaya.  Jika Anda terpaksa harus melakukannya, pakai topi dan sunglass serta jangan lupa untuk mengoles sunblock andalan Anda.

2. Asam Salisilat

Anda mungkin tidak familiar dengan nama ini, namun jika Anda menengok pada produk-produk kecantikan, biasanya ini akan terkandung di dalamnya. Asam salisilat memang berfungsi untuk mengurangi produksi kelenjar minyak pada kulit. Dengan begitu, jika Anda menggunakan produk dengan bahan ini, Anda akan terhindar dari produksi minyak berlebih pada kulit.

Bahan alami ini bisa Anda dapatkan di produk-produk kecantikan seperti pencuci wajah dan krim wajah. Bahan ini bisa membantu mencegah dan mengobati kulit berminyak, komedo, jerawat bahkan biang keringat.

3. Mencuci muka

Biasanya, wanita banyak melakuka cuci muka karena efek segar yang didapatkan, apalagi di hari yang panas. Mungkin Anda bisa melakukannya berkali-kali. Ternyata, ini adalah fakta yang salah. Dikatakan di Healt Me Up, mencuci muka lebih dari dua kali sehari di hari yang panas justru tidak sehat untuk kulit Anda.

Ketika Anda mencuci muka, kulit akan kehilangan kelembaban lebih banyak daripada biasanya. Ini justru akan membuat produksi minyak dalam kulit meningkat.  Jadi, ketika Anda merasa berkeringat dan panas, sebaiknya Anda mandi dengan air dingin tanpa menggunakan body wash selama 5 menit. Ini juga berlaku untuk wajah Anda.

4. Ubah rutinitas

Jika biasanya Anda menggunakan banyak produk perawatan kulit, coba untuk mulai mengurangi hal tersebut. Pilih saja lotion pelembab atau gel yang berbahan ringan dan tidak memberatkan kulit. Anda akan merasa lebih segar dan minyak tidak akan banyak diproduksi. Pastikan produk yang Anda pakai tersertifikasi dengan anti komedo dan oil-free. Ini guna mencegah pori-pori Anda tersumbat.

5. Penggunaan make up

Walaupun rasanya Anda tidak bisa hidup tanpa foundation dan kawan-kawannya, jika berhubungan dengan musim kemarau, hindari pemakaian produk tersebut. Foundation akan cepat hilang dengan kondisi cuaca yang sangat panas. Ini hanya akan menipiskan kulit wajah Anda.

Terlebih, jika Anda memakainya dalam keadaan yang tidak steril seperti dalam keadaan berkeringat dan tidak fresh, ini akan membuat pori-pori Anda tersumbat. Pilih saja bedak tabur, pelembab yang oil-free atau concealer yang umum. Ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih fresh dan bersinar jika dilakukan dalam waktu lama.

Kulit berminyak memang sedikit membutuhkan perhatian, Ladies. Anda juga harus teliti dalam memilah dan memilih apa saja produk dan kebiasaan yang Anda lakukan. Tips di atas bisa Anda lakukan dan efektif jika Anda melakukannya secara teratur. Tidak perlu khawatir kulit berminyak mengganggu penampilan Anda lagi, kan?

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading