Cara Memilih Shampo Yang Cocok di Rambut

Kamis, 28 Maret 2013 09:00



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Banyak sekali shampo yang muncul di pasaran dan seringkali kita jadi bingung memilihnya. Sebenarnya semuanya sudah dikategorikan sesuai jenis dan kebutuhan rambut. Sayangnya, dengan kemudahan itupun kita masih kerap kali kurang bisa memilihnya.

Kurang pemahaman akan kondisi rambut, menyebabkan sekian banyak wanita jadi terlalu mudah tergiur iklan shampo. AKhirnya bukan shampo yang disesuaikan dengan rambut, tetapi rambut yang harus menyesuaikan diri dengan shampoo. Hasilnya? Tentu saja rambut jadi masih rontok, berketombe, kasar dan tak bersinar.

Nah, ladies, mari baca trik memilih shampo yang tepat dan cocok untuk jenis rambutmu.

Tekstur rambut

Yang pertama kali harus dilakukan untuk memilih shampo yang tepat adalah mengenali tekstur rambut. Apakah ia lurus atau keriting? Apakah ia berbatang besar atau tipis? Apakah ia rapuh atau kuat?

Dari tekstur inilah Anda dapat menemukan shampo mana yang harus dipilih. Rambut keriting, tidak cocok memakai shampo berjenis volumizing karena akan membuatnya semakin mengembang. Justru rambut tipislah yang membutuhkan shampo volumizing sehingga terlihat lebih berisi.

Sedangkan rambut berbatang besar, cenderung membutuhkan kelembaban yang tidak membuat minyak di dalamnya semakin bertambah banyak.

Problem rambut

Kenali masalah rambut yang sedang Anda alami saat ini. Apakah Anda sedang mengalami rambut rontok, rambut berketombe, rambut bercabang, atau rambut berminyak?

Kalau sudah tahu apa problem rambut yang Anda alami, Anda bisa memilih shampoo sesuai kategori masalah rambut Anda. Fokuskan dan tak perlu melirik shampo lain lagi.

Gaya Rambut

Beda gaya, beda pula shamponya. Untuk rambut bob style atau bertekstur lurus, pilih shampoo volumizing agar bisa menyempurnakan penampilan rambut. Sedangkan wavy hair, pilih rambut yang memang khusus untuk merawat rambut keriting.

Demikian juga dengan rambut berwarna, untuk menjaga gaya dan warnanya, pilih shampo yang khusus diciptakan untuk rambut berwarna.

Lindungi rambut Anda

Entah itu rambut berminyak, rambut kering atau rambut normal, kesemuanya masih membutuhkan kondisioner, serum dan vitamin. Umumnya, setiap shampo juga sudah dilengkapi oleh produk-produk perlindungan rambut lain.

Lengkapi dan ikuti langkah-langkah yang dianjurkan untuk memberikan perawatan lengkap dan berkualitas pada rambut Anda. (vem/bee)

Baca Juga:

Menebak Sifat dan Karakter Berdasarkan Ujung Lipstik

Tips Cantik Sepanjang Hari Tanpa Makeup Tebal

4 Penyebab Kegagalan LDR

Akibat Tato Penis, Ereksi Selamanya, Ouch..

3 Masker Alami Untuk Rambut Rusak








ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...