Sukses

Beauty

5 Tips Mengatasi Rambut Kering

Rambut yang tergerai lembut dan bercahaya adalah idaman banyak wanita. Rambut lurus, gelombang atau keriting akan tampak cantik selama lembut, mudah diatur dan tidak kering.

Sayangnya, tidak semua wanita memiliki rambut lembut yang terjaga. Terpaan berbagai bahan kimia, malas merawat rambut dan efek buruk lingkungan membuat rambut kering, kusam dan tidak bercahaya. Sebelum semakin parah, kembalikan keindahan rambut Anda.

Pilih Sampo Tepat

Pilih shampo dengan bahan lembut, shampo yang mengandung sedikit deterjen paling baik untuk merawat rambut kering. Jangan gunakan terlalu banyak shampo saat Anda mencuci rambut. Jangan juga terlalu sering keramas, cukup 2 atau 3 hari sekali, tergantung aktivitas Anda.

Selalu Pakai Kondisioner

Jangan remehkan kemampuan kondisioner untuk menjaga kesehatan dan kelembutan rambut Anda. Kondisioner akan merapikan kembali kutikula rambut yang terbuka saat Anda mencuci rambut dengan shampo. Gunakan kondisioner hanya pada pertengahan rambut hingga ujung untuk menghindari kulit kepala berminyak. Untuk pemilik rambut kering, lebih baik gunakan kondisioner terpisah, bukan shampo 2 in 1.

Hindari Barang Panas

Terpaan panas hair dryer dapat memperparah rambut kering, termasuk penggunaan catok pelurus atau catok keriting rambut. Sebisa mungkin hindari penggunaan alat-alat pemanas rambut, keringkan rambut dengan alami. Kalaupun Anda harus menggunakan barang panas tersebut, lindungi terlebih dahulu rambut dengan serum.

Perawatan Ekstra

Rambut kering perlu perawatan ekstra untuk mengembalikan kelembutannya. Anda bisa melakukan perawatan masker rambut atau hair spa. Jika Anda lebih suka perawatan alami, Anda bisa mengoleskan rambut dengan minyak zaitun, diamkan satu jam, lalu keramas rambut seperti biasa. Beberapa pilihan masker alami ini bisa Anda coba:

Makan Nutrisi Tepat

Selain perawatan dari luar, Anda bisa mengembalikan kelembutan dan kemilau rambut dengan mengonsumsi makanan sehat. Pilih buah-buahan segar sebagai camilan harian, variasikan buah-buahan tersebut agar Anda tidak bosan. Apel, alpukat, semangka, melon dan berbagai buah lain yang akan memberi nutrisi dari dalam.

BACA JUGA :

5 Tips Cantik Alami Tanpa Makeup

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Seledri Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tutorial Rambut Ikal Alami Tanpa Catok Keriting

Tips Mencegah Rambut Cepat Lepek

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading