Sukses

Beauty

Cara Kulit Wajah Bebas Dari Komedo

Punya kulit mulus tanpa jerawat belum tentu bebas dari komedo. Musuh wanita ini seringkali muncul dalam bintik-bintik berwarna putih, atau terkadang berwarna hitam yang muncul di hidung, sudut bibir, di pipi, dagu dan daerah T.

Selain tampak seperti noda, komedo ini bikin kulit kurang cerah dan jadi agak kasar serta kusam. Kalau sudah begitu, biasanya aplikasi makeup tidak akan terlalu bagus.

Komedo baiknya jangan ditutupi dengan concealer atau foundation, komedo harus dienyahkan. Sebelum membahas cara mengenyahkan komedo, terlebih dahulu kenali dari mana asal komedo ini yuk.

Komedo tidak sama dengan jerawat

Ada yang bilang komedo itu sama dengan jerawat, padahal tidak. Komedo adalah kelebihan minyak di permukaan kulit yang kemudian terperangkap di pori-pori. Minyak tersebut cenderung membawa serta residu makeup atau debu kotoran, terutama mereka yang malas membersihkan wajah.

Perbedaan lain komedo dan jerawat, pada komedo tidak terjadi peradangan, sedangkan jerawat adalah bentuk peradangan pada kulit. Namun, apabila komedo mengalami luka infeksi, ia bisa tumbuh menjadi jerawat.

Apa sih penyebabnya?

Komedo disebabkan adanya minyak berlebihan di kulit. Namun, beberapa penyebab lainnya juga berpengaruh, seperti scrubbing yang berlebihan, terlalu banyak kulit mati yang menutup pori, kurang minum air putih.

Cara mengatasi komedo

Komedo dapat dihilangkan dengan berbagai cara:

  1. Dengan memencet

    Namun, jangan asal pencet ya, karena dapat meninggalkan bekas dan memungkinkan terjadinya infeksi. Cara yang benar mengeluarkan komedo adalah dengan alat khusus untuk mengangkatnya.

  2. Dengan masker

    Cari masker peel off yang berfungsi mengangkat komedo dari kulit wajah. Dilakukan 2 minggu sekali, maka komedo ogah berkembang di wajah.

  3. Konsumsi makanan ini

    Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kondisinya masih segar. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu sirkulasi minyak di wajah agar tak terlalu banyak jumlahnya.

  4. Pilih cleanser wajah non-comedogenic

    Hati-hati dalam memilih pembersih wajah. Pilih yang tidak menyebabkan komedo dan dapat membersihkan secara tuntas namun tetap melembabkan kulit.

  5. Facial rutin

    Lakukan facial rutin di salon profesional sehingga komedo enggan berdiam lama di kulit Anda. Para ahli tahu bagaimana cara mengeluarkan komedo, baik dengan cara dipencet maupun dengan cara memakai cream khusus.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading