Sukses

Beauty

Self Confidence Always Comes 1st!

Ini Desember, dan ini bulannya pesta! Ada banyak perayaan menanti di depan mata. Supaya tak kehilangan the-most-wonderful-time-of-The year; ada satu hal yang lebih penting dari heels, dress, dan tas yang melekat: You. Must. Believe. Tingkatkan dulu rasa percaya diri Anda!

Jujur saja, Cosmo yakin masih banyak wanita yang tidak merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri. Dan ini yang akhirnya membawa Anda menjadi kerap merasa insecure saat berada di tempat ramai. Trust Cosmo, insecurity will not radiate your sex appeal!

Padahal sebenarnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Anda toh tidak harus memiliki tubuh semampai layaknya model untuk jadi menarik. Bayangkan, sudah berpenampilan maksimal untuk menghadiri pesta akhir tahun, tapi Anda malah memilih berdiri di pojok ruangan bukannya membuka pergaulan dan having fun di lantai bersama para tamu. Sayang, kan, hanya karena masalah percaya diri pada bentuk tubuh, Anda jadi terasingkan di pesta. Darling, you need help! Di halaman sebelumnya, Anda sudah menemukan padu padan gaya berpesta di halaman fashion Cosmo. Tepat di halaman ini, baca dan ikuti tip sebelum Anda melangkah ke luar rumah dan...berpesta. the real shocker: it’s easier than you think.

Tinggalkan Pikiran Buruk

“Banyak wanita yang fokus pada hal negatif mengenai diri mereka daripada yang positifnya,” ujar Darlene Mininni, PhD, pengarang buku The Emotional Tool Kit. Jika Anda ingin memiliki rasa percaya diri akan tubuh Anda, tinggalkan dulu kebiasaan lama Anda yang selalu mengkritik diri sendiri. Dan cobalah kebiasaan baru ini.

  • Berhenti Bercanda Mengenai Tubuh Anda. “Komentar yang kesannya setengah bercanda lebih membekas di ingatan dan Anda akan mengartikannya begitu,”ungkap Susan Jeffers, PhD, penulis Life Is Huge. Belajarlah untuk menyensor diri Anda setiap kali akan mengungkapkan komentar menghina semisal, “Sepertinya saya butuh bra dengan cup A- deh, buat dada saya yang rata ini.”
  • Tempatkan Diri Anda di Hot Seat. Ketika pikiran negatif mulai menghantui,lawan dan tantang pendapat tersebut layaknya seorang pengacara handal. Jika Anda beranggapan berat badan Anda naik, tanyakan pada diri Anda: “Apa saya sampai harus menyingkirkan baju yang lama dan membeli pakaian dengan ukuran yang lebih besar?” Jika jawabannya tidak, berarti kegelisahan ini hanya ada dikepala Anda saja.
  • Dengarkan isi hati Anda. Insecure thoughts can be deceiving. “Biasanya hal ini muncul karena Anda merasa powerless,” ungkap Nancy Irwin, hypnotherapist.Jadi saat inner bitch ini mengejek, tanyakan kembali apa yang sebenarnya membuat Anda merasa terganggu. Mungkin saja sebenarnya Anda sedang bermasalah dengan kekasih, atau Anda khawatir dengan pekerjaan. Tengok lagi sumber masalah yang sebenarnya, sehingga Anda dapat membuang rasa benci ini dan menyelesaikan masalah yang ada.

Nikmati Menjadi Eye Candy

Seberapa sering Anda merasa cemas ketika ada pria yang melirik ke arah Anda – bahkan bila itu kekasih sendiri? Anda pun segera beranjak ke toilet untuk mengecek makeup dan penampilan. Hmmmm, Anda harus belajar untuk menikmati jadi pusat perhatian dan memiliki sex appeal, sehingga rasa percaya diri Anda pun melambung tinggi.

  • Intip Isi Kepala Pria. Percaya atau tidak, ternyata pria tidak sedetail itu memerhatikan tubuh Anda. “Pria mengagumi keseluruhan ‘paket’ yang ada,” ujarSheenah Hankin, PhD, penulis buku Complete Confidence. “Pria tidak memilih Anda karena bagian-bagian tertentu, dan mereka tidak akan memperlihatkan tatapan dingin bila tidak menyukai apa yang mereka lihat,” tambahnya. Jadi bila seorang pria tampan memandangi Anda, ingat ini: Ia mengapresiasi pemandangan yang ia lihat, bukan fokus pada kekurangan Anda.
  • Bersantai Tanpa Apapun. Yes...literally! Semakin sering Anda menghabiskanwaktu tanpa busana, maka Anda akan kian nyaman dengan tubuh sendiri. Pada akhirnya Anda pun jadi tidak canggung dengan keberadaan pria. PR Anda dirumah: Tidur telanjang, nonton TV tanpa busana, dan saat keluar dari kamar mandi; lilitkan handuk pada kepala bukan pada badan Anda.
  • Perbaiki Cara Jalan Anda. “Kuasai langkah penuh percaya diri. Anda akan terlihat lebih meyakinkan, dan tidak ada yang lebih seksi dari itu,” ungkap Hankin.Mudah saja, berdiri tegap, pastikan leher Anda jenjang dan lurus, putar bahu Andake belakang lalu sedikit ke bawah, dan biarkan tangan mengayun kala kaki Anda melangkah. Oh ya, nikmati waktu Anda – seolah Anda berkata, “i’m too hot to berushed!”

Jangan Membanding-bandingkan!

Kerap komplain mengenai kenyataan bahwa Anda bukan “superhuman size zero model” hanya akan membuang-buang waktu dan merusak diri sendiri. “Merasa terancam dengan persepsi wanita lain akan ‘tubuh sempurna’, hanya menghambat Anda untuk menghargai dan beraksi dengan aset yang Anda miliki,” kata Irwin.

  • Fokus Pada Apa Yang Seksi. Pernah bertanya-tanya mengapa banyak pria tampan j atuh hati pada wanita yang jauhhh dari sempurna? Karena buat pria, tubuh semampai dan kurus bak supermodel tidak selalu menjanjikan di mata mereka.Jadi lebih baik fokuskan diri memerhatikan wanita-wanita yang Anda temukan seksi bukan dari fisiknya. Ini akan mengajarkan Anda untuk menghargai keunikan diri.
  • Lawan Kebiasaan “Jika saja...” Anda. “Terlalu banyak wanita yang beranggapan hidup akan lebih baik bila berat badan mereka turun beberapa kilo, atau memiliki kaki yang lebih jenjang,” ungkap Irwin. Guess what, honey? Meski impian Andaini (someday) jadi nyata, pasti tetap saja selalu ada hal lain yang Anda keluhkan nantinnya. “Hal ini tidak akan berhenti karena ini merupakan mindset. Anda harus bahagia dengan diri Anda saat ini,” lanjutnya. Untuk menjauhkan kebiasaan ini,kali lain Anda mulai jealous dengan aset wanita lain, berhenti! Lalu cari apa yang Anda suka dari diri Anda.
  • Jangan Menganggap Remeh. Surprisingly, menghina penampilan wanita lain ternyata merusak self image Anda, sama seperti saat Anda merasa iri. Jadi mulai sekarang buang kebiasaan Anda mengomentari kelemahan fisik orang lain.Percayalah Cosmo, ini bikin Anda merasa lebih bahagia dan “ringan”.

Berhenti “Meminta” Feedback Negatif

Seberapa sering Anda mengucapkan kalimat ini: “Wedges ini bikin betis saya keliatan besar gak sih?” “Lengan saya kelihatan bergelambir tidak?” CUKUP! Meski Anda cuma bertanya, namun berbagai pertanyaan ini ternyata mampu menurunkan rasa percaya diri Anda. “Anda hanya memperkuat pemikiran yang tidak sehat,” ujar Mininni.

  • Ingat, Ini Sangat Membosankan. Coba perhatikan bagaimana reaksi teman-teman ketika Anda terus-terusan bertanya dan memaksa mereka untuk memberi respons yang (dalam hati) Anda ingin dengar. Cosmo yakin mereka pasti akan melempar tatapan malas, sebelum akhirnya terpaksa bilang, “Iya, kamu cantik kok!”
  • Terimalah Komplimen. Ketika Anda mendapat komplimen – baik itu saat kekasih memuji bentuk tubuh Anda atau kolega mengagumi tas baru Anda –coba sesuatu yang lebih sederhana dengan mengucapkan terima kasih. “Biarkan mereka memuji Anda – jangan Anda sela. Pujian ini bisa jadi hal yang Anda percayai saat Anda diserang krisis percaya diri (lagi),” jelas Irwin.
  • Palsukan Sampai Anda Merasakannya. Tak perlu seekstrem para aktor saat mendalami peran mereka. Anda cukup berbicara dengan pembawaan yang seksi dan percaya diri sehingga membantu Anda merasa seperti seorang wanita seksi.“Jika Anda melakukan usaha yang nyata, Anda pun akan mulai untuk percaya bahwa Anda memang demikian,” ungkap Irwin.
  • Tinggalkan Pembawaan Jelek Anda. Mengepal-ngepalkan tangan, membungkuk,mencubit-cubit kutikula Anda – ini sama saja dengan menggunakan tanda bertuliskan, “Saya benar-benar berada di tempat yang salah!”
  • Menjauh Dari Zona Nyaman Fashion Anda. Mungkin Anda beranggapan jeans dan baju loose mampu menutupi kekurangan bentuk tubuh Anda. Dengan apa kata Hankin, “Berpenampilan menarik akan membuat Anda menyadari bahwa tubuh Anda spesial dan layak menggunakan baju dengan model yang menarik.”

TIPS TO TRICK!

Karena Anda sudah memiliki pembawaan “bintang” pesta, Cosmo berikan beberapa tip mengatasi gangguan kecil (dari luar) yang kerap terjadi...sebelum dan saat acara.

 

  • Hujan VS Sepatu Baru

Baru saja akan melangkah ke luar rumah dengan sepatu baru, tiba-tiba hujan turun? Anda tentu tak ingin sampai di pesta dengan noda basah pada sepatu, kan? Tenang, yang Anda butuhkan hanya kantong plastik saja. Bungkus sepatu Anda, buat bolongan untuk kaki dan hak sepatu, dan pastikan Anda berjalan dengan hati- hati.

  • Zipper Stuck

Risleting jaket kulit atau sequined dress kesayangan menyangkut padahal Anda harus bergegas ke pesta? Segera ambil sabun batang atau lilin, lalu usapkan di sepanjang risleting. Lubrikan pada sabun atau lilin akan membantu melonggarkan bagian yang macet.

  • Kain Statis

Gaun bermateri silk yang Anda kenakan kerap menempel pada belahan paha Anda. Hello cameltoe! Hindari dengan menyemprotkan hairspray di paha Anda dan bagian dalam gaun tersebut. Gunanya untuk mengurangi listrik statis yang membuat gaun melekat di paha.

  • Salah Kostum

Setibanya di pesta, Anda melihat tamu lain mengenakan jeans sedangkan Anda beraksi dengan bodycon dress. Hmmm...White lie? Katakan saja, “Oh, saya baru menghadiri cocktail party makanya saya datang dengan outfit seperti ini. Tak masalah, kan?”

Source : cosmopolitan, Edisi Desember 2012, halaman 214

(vem/Cosmo/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading