/data/vemale/data/detailjson/body-and-mind/cantik/20206-fakta-mengerikan-krim-pemutih-wajah-berbahaya.json
Body And Mind: Fakta Mengerikan Krim Pemutih Wajah Berbahaya | Vemale.com

Fakta Mengerikan Krim Pemutih Wajah Berbahaya

Sabtu, 16 Februari 2013 08:30



(c) shutterstock

Vemale.com - Masih banyak wanita Indonesia yang terjerumus sebagai pemakai krim pemutih wajah berbahaya. Tahukah Anda, ada risiko yang sangat besar dari krim-krim berbahaya tersebut. Krim racikan, krim racikan dokter, krim racikan apoteker, krim dari negara X dan sebagainya menjadi upaya produsen dan penjual untuk membuat produknya laris. Padahal, krim-krim tersebut tidak memiliki izin dari badan kesehatan dan terbukti mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Perlakuan Produsen Krim Pemutih Berbahaya

Selain mengandung bahan berbahaya yang dapat menyebabkan pusing, kulit rusak, janin meninggal, melahirkan bayi cacat atau bahkan meningkatkan risiko kanker, para produsen seringkali sembarangan dan terkesan asal-asalan saat mengemas produk krimnya. Krim warna putih dan kekuningan (sebagai krim siang dan krim malam) adalah warrna khas produk pemutih berbahaya. Coba lihat gambar di bawah, yang kami ambil dari Misteri krim Syahrini dan lainnyaini adalah foto krim pemutih kiloan yang diberi harga kurang dari Rp 9.000/kilogram. Jika sudah dikemas dalam jar-jar kecil dan ditempeli merek abal-abal, harganya akan berkali-kali lipat.

facebook

Dan coba lihat gambar di bawah ini, mana ada dokter yang akan sembarangan memasukkan krim-krim ke dalam wadah yang lebih mirip wadah cat tembok? Seorang produsen yang bertanggung jawab akan memastikan proses pengemasan steril hingga sampai ke tangan konsumen. Karena itu, selain memakai bahan berbahaya, jelas proses pengemasan yang asal-asalan ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

facebook

Dokter Tidak Sembarangan Meracik Krim Wajah

Tapi kan ini 'katanya' krim racikan dokter makanya nggak ada izinnya, nggak ada bahan pembuatnya, nggak ada merk resminya, dan harganya mahal lho..

Ladies, Anda justru harus waspada. Seorang dokter, terutama dokter kulit (SpKK) tidak sembarangan meracik krim untuk pasiennya. Seorang dokter akan memeriksa terlebih dahulu bagaimana kondisi kulit pasien, menanyakan apa saja alerginya, bagaimana riwayat kesehatan dan sebagainya. Baru setelah itu, dokter menulis resep dan apoteker akan meracik krim sesuai resep dokter. Jadi bila ada krim yang 'katanya' racikan dokter, Anda harus waspada. Setiap orang punya kondisi kulit berbeda, karena itu tidak ada krim racikan dokter yang sama untuk setiap orang.

Sama halnya dengan istilah krim racikan apoteker atau farmasi, ini hanya akal-akalan produsen atau penjual krim berbahaya. Tidak ada apoteker yang boleh sembarangan meracik krim atau obat tanpa resep dokter. Untuk Anda ketahui, satu resep dokter hanya boleh dibuat satu kali, tidak bisa dibuat dua kali tanpa persetujuan dokter, bahkan bila itu untuk orang yang sama. Jadi tidak ada cerita, satu resep krim racikan bisa dipakai oleh Anda, ibu Anda, kakak, adik dan sebagainya, karena setiap orang punya kondisi kulit dan kesehatan yang BERBEDA.

Jadi cantik itu menyenangkan, tetapi jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan demi tampil putih cantik. Apapun warna kulit Anda, kecantikan sejati adalah rasa percaya diri dan keyakinan dari dalam bahwa Anda cantik. Kalaupun Anda ingin memakai kosmetik, pastikan kosmetik yang Anda pakai sudah terdaftar resmi oleh BPOM Indonesia atau di negara tempat kosmetik tersebut diproduksi. (vem/yel)

FAKTA Korban Pengguna Krim Pemutih Berbahaya

Daftar Krim Pemutih Berbahaya

Ciri Krim Pemutih Berbahaya








ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

1 September - 7 September
Capek sekali di minggu ini namun Anda harus tetap bertahan Pertahankan...