Sukses

Beauty

Mengenal Jenis Bedak Makeup dan Fungsinya

Bedak, selalu ada dalam berbagai 'peralatan tempur' makeup wanita. Bedak berfungsi untuk memberikan finishing look atau hasil akhir yang lebih halus seperti yang kita inginkan. Kebanyakan orang belum terlalu memahami jenis dan fungsi bedak. Bedak seringkali dianggap ampuh untuk mengurangi wajah mengkilap akibat minyak berlebih, namun sebenarnya masing-masing jenis bedak ada fungsinya sendiri-sendiri lho.

1. Bedak Padat

Bedak padat atau press powder merupakan bedak tabur yang dipadatkan sehingga menghindari resiko bedak tercecer dan praktis dibawa ke mana-mana. Bedak padat cocok untuk kulit normal cenderung kering, tapi beberapa bedak padat memiliki panduan apabila memang bedak tersebut cocok digunakan untuk jenis kulit lainnya.

Bentuk lain dari bedak padat adalah bedak two way cake yang memiliki fungsi ganda sebagai foundation atau alas bedak, sekaligus sebagai bedak. Penggunaannya dengan spons lembab agar hasilnya melekat sempurna di wajah. Bedak padat umumnya memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding bedak tabur.

2. Bedak Tabur

Bedak tabur berbentuk serbuk atau butiran halus. Bedak semacam ini ringan digunakan di wajah. Meski begitu, bisa digunakan untuk dandanan natural maupun dandanan berat. Loose powder atau bedak tabur, dapat diaplikasikan dengan spons atau kuas untuk memberikan hasil yang merata dan alami. Cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

Karena bedak tabur tergolong ringan, bila Anda ingin hasilnya bertahan lama, maka Anda perlu menggunakan alas bedak terlebih dahulu. Bila kulit Anda sedang sangat kering, aplikasikan pelembab terlebih dahulu, karena menggunakan bedak tabur pada kulit kering dapat memberikan efek wajah kusam. Banyak yang menyukai bedak tabur karena lebih ringan di wajah, namun bedak ini rentan tercecer dan biasanya dikemas dalam wadah yang cukup besar.

3. Bedak Anti Jerawat

Beberapa produk khusus anti jerawat kadang mengeluarkan bedak sendiri. Bedak anti jerawat bisa berupa bedak padat maupun tabur. Bedanya, bedak anti jerawat diperkaya dengan kandungan anti jerawat seperti triclosan dan sulfur. Selain itu, bedak semacam ini umumnya memiliki kemampuan oil control yang baik.

4. Shimmering dan Bronzing Powder

Pada banyak tutorial makeup, Anda mungkin sering menemukan kosmetik berwarna sangat terang dan sedikit gelap dalam satu wadah. Umumnya memiliki warna natural kulit seperti coklat dan krem. Benda tersebut adalah shimmering dan bronzing powder. Biasanya digunakan untuk memberikan kesan glamour karena mengandung glitter.

Penggunaannya dengan kuas yang cukup besar. Bisa digunakan pada pipi, wajah, tulang hidung, bahkan leher dan punggung. Shimmering dan bronzing powder digunakan pada event-event tertentu seperti saat akan menghadiri pesta, pernikahan dan sebagainya.

Beberapa tips untuk menggunakan bedak antara lain adalah memilih kosmetik yang tepat dengan tone kulit Anda. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari riasan yang terlalu menor atau malah tidak nampak menggunakan bedak. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek masa kadaluwarsa kosmetik agar terhindar dari iritasi. Semoga bermanfaat, Ladies. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading