Sukses

Beauty

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Ganti Produk Kosmetika?

Pernahkah Anda mendengar pernyataan "jangan suka gonta ganti produk kosmetika" Sebenarnya kalimat tersebut benar tidak sih?

Di satu sisi pernyataan itu benar, namun di satu sisi juga salah. Ada beberapa alasan mengapa Anda baiknya tidak doyan gonta ganti produk kosmetika, seperti berikut ini:

Jangan mengganti produk kosmetika hanya karena tergiur promosi

Kecenderungan wanita, doyan mengganti produk saat ada produk promosi lain yang menggiurkan. Entah beli dua dapat tiga, atau promo beli produk mendapatkan merchandise.

Padahal, belum tentu juga produk yang ditawarkan tersebut akan cocok pada kulit dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Jangan mengganti produk kosmetika hanya karena ada produk yang menawarkan harga murah

Perang harga antar produk kosmetika bukan hal yang baru lagi. Masing-masing produk menonjolkan keunggulan dan saling bersaing harga. Alhasil, karena tergiur harga murah, Anda jadi kurang memperhatikan kandungan bahan kimia produk dan cocok tidaknya dengan kulit Anda.

Jangan mengganti produk kosmetika hanya karena sedang tren dan sahabat Anda juga memakainya

Kondisi kulit seseorang berbeda satu sama lain, sehingga lebih baik cari produk yang sesuai dengan kulit dan kebutuhan saja. Demikian juga dengan produk yang dipakai oleh sahabat Anda, belum tentu juga Anda cocok dengan produk tersebut.

Cara untuk mengetesnya, Anda bisa menjadikan produk kosmetika sahabat sebagai tester. Jika memang hasilnya lebih baik dari produk yang Anda pakai, Anda boleh menggunakannya. Tetapi kalau hanya karena sahabat Anda menggunakannya, itu adalah alasan yang tepat untuk menimbulkan problem pada kulit Anda.

Kapan saat yang tepat untuk mengganti produk kosmetika yang digunakan?

Tak selamanya produk kosmetika yang Anda gunakan akan cocok dengan jenis dan kebutuhan kulit. Ada masa di mana Anda harus mengganti produk kosmetika tersebut.

Saat produk sudah tidak diproduksi lagi

Ada beberapa produk yang sekalipun Anda cocok, ternyata ia tidak diproduksi lagi oleh produsennya. Dengan berat hati, akhirnya Anda harus mencari produk lain, yang sama mumpuninya untuk merawat kulit Anda.

Saat usia bertambah

Seiring dengan pertambahan usia, semakin bertambah pula problem kulit yang dialami. Semisal munculnya garis-garis kerutan di kulit, munculnya spot-spot hitam yang menjadi tanda penuaan dini. Di saat inilah Anda bisa menyesuaikan produk kosmetika dengan kebutuhan kulit Anda yang baru.

Saat muncul tanda alergi atau iritasi

Anda harus segera menghentikan produk dan mengganti dengan produk kosmetika lain jika muncul tanda alergi atau iritasi. Apabila muncul kemerahan, bintik-bintik yang tak biasa, jerawat yang mendadak, pengelupasan kulit ekstrim, maka Anda perlu menghentikan produk yang Anda pakai sekarang.

Saat ada produk yang kualitasnya lebih baik

Anda boleh mengganti produk yang dipakai dengan yang kualitasnya lebih baik. Namun, yang pertama Anda harus mengecek kandungan kimiawi produk tersebut, kemudian pastikan Anda mencoba testernya di tangan. Apabila tidak terjadi reaksi alergi, maka Anda bisa meneruskannya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading