Sukses

Beauty

Mencegah Bekas Jerawat Dengan Cara Alami

Selain menyembuhkan jerawat, menghilangkan bekasnya ternyata menjadi tantangan yang jauh lebih susah. Noda-noda hitam membuat wajah jadi kelihatan lusuh dan tidak bersih. Bahkan tak jarang ada yang sempat meninggalkan bekas luka.

Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkannya?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mengatasi bekas jerawat di wajah, Anda harus berusaha agar bekas tersebut tidak sampai terjadi.

Ikuti cara ini:

Jangan dipencet dengan tangan kosong

Memencet dengan jari-jari yang kotor akan membuat jerawat jadi terinfeksi. Belum lagi jika ternyata kuku Anda justru membuat kulit wajah terluka. Rasanya pedih dan bisa-bisa malah infeksi.

Untuk mengatasinya, pertama pastikan bahwa jerawat Anda sudah matang dan tidak sedang meradang. Jerawat yang tengah meradang ciri-cirinya berwarna merah dan kaku. Di tahap ini lebih baik kompres dengan tea tree oil saja.

Kedua, jika jerawat sudah mulai kering, Anda baru boleh memencetnya. Caranya adalah dengan menggunakan kapas yang telah disterilkan dengan alkohol. Setelah biji matanya keluar, kompres sejenak dengan toner kemudian oleskan tea tree oil kembali.

Hindari pasta/cream yang mengandung cengkeh

Anda mungkin pernah mendengar bahwa cengkeh dapat membantu menyembuhkan jerawat. Mungkin memang cengkeh dapat mengeringkannya, tetapi ia akan meninggalkan bekas luka kehitaman.

Ketimbang menggunakan cengkeh, lebih baik gunakan sandalwood, kayu manis, atau tea tree oil saja.

Bersihkan sisa makeup dengan rutin

Setidaknya dalam dua kali sehari, bersihkan wajah dengan sabun muka. Sisanya, Anda cukup membasuhnya dengan air dingin agar kulit tetap lembab.

Hindari sinar matahari secara langsung

Lebih baik Anda menghindari sinar matahari secara langsung, yang dapat menyebabkan Anda berkeringat. Keringat yang tidak segera diseka akan membawa debu-debu dan bakteri betah di kulit.

Rajin melakukan masker

Lakukan masker wajah secara rutin, setidaknya minimal sekali seminggu. Coba saja resep-resep masker alami yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran.

Masker Untuk Kulit Berjerawat

masker jerrawat

Jika ingin mengobati dan merawat jerawat, gunakan campuran bahan-bahan berikut:

1 buah jeruk nipis

1 sdt madu

serutan mentimun secukupnya

Caranya:

  1. Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran.
  2. Campur sari jeruk nipis dengan madu kental. Aplikasikan pada wajah, dan biarkan mengering 10-15 menit.
  3. Bilas dengan air dingin.
  4. Aplikasikan serutan mentimun pada wajah, dan biarkan 10-15 menit.
  5. Bilas dengan air dingin.
  6. Wajah akan lebih segar, dan jerawat mulai mengering. Lakukan perawatan ini rutin 1 minggu sekali.

Masker Sayur Untuk Kulit Cantik Buatan Sendiri

masker jerawat

Sama halnya dengan buah-buahan, sayur juga mengandung manfaat yang baik untuk merawat kecantikan. Ada yang bisa membantu membersihkan spot/ noda hitam di wajah, ada pula yang merehidrasi dan melembabkan. BACA JUGA RAMUAN ANEKA MASKER SAYUR UNTUK JERAWAT

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading