Sukses

Beauty

8 Mitos Kecantikan Turun Temurun

Pernah mendengar nasehat-nasehat kecantikan dari ibu atau nenek? Ternyata tak semuanya itu benar. Ada beberapa nasehat kecantikan, yang kalau dipikir lagi dengan logika, sebenarnya hanya membuat kita tertawa.

Dari 8 mitos kecantikan di bawah ini, mana yang paling sering Anda dengar?

MITOS: mengikat rambut bikin rambut cepat panjang

Mungkin nenek atau ibu Anda pernah bilang, sering mengikat rambut bikin rambut cepat panjang. Yang jelas hal ini hanyalah mitos, pertumbuhan rambut tidak ditentukan lewat style yang digunakan.

Rambut yang subur dan sehat serta tercukupi nutrisinya cenderung lebih cepat tumbuh.

MITOS: jangan memakai brand kosmetik berbeda-beda

Dulu, kalau sudah memakai bedak merk A, lipstick dan lainnya juga harus merk A. Kalau dicampur katanya bisa bikin kulit bermasalah karena tidak cocok.

Ini juga hanya mitos lho, ladies. Sekalipun memiliki bahan yang berbeda-beda, fungsinya juga berbeda kok. Dan semuanya sudah diperkirakan oleh para ahli, sehingga tidak akan memunculkan masalah jika dipakai bersamaan. Terkecuali memang Anda mengalami alergi akibat salah satu bahan kimianya.

MITOS: jangan mencukur bulu kaki, nanti makin lebat

Mencukur bulu kaki tidak akan membuat bulunya tumbuh semakin lebat. Tentunya jika dilakukan secara teratur, bulu-bulu di kaki memang akan lenyap.

Jika kemudian Anda merasa ia tumbuh lebat, hal tersebut disebabkan karena sebelumnya ia terlihat bersih tanpa bulu. Untuk itu, setidaknya seminggu sekali lakukan pencukuran rutin jika ia mulai tumbuh.

MITOS: menyisir 100 kali agar rambut sehat

Tak harus menyisir 100 kali kok untuk memiliki rambut sehat. Yang penting Anda rajin merawat dan memberikan nutrisi cukup sehingga rambut tetap indah, lebat dan lembut.

Menjaga kelembaban dengan perawatan creambath, hairspa atau hairmask juga penting lho.

MITOS: jangan sering menyilangkan kaki, bisa varises

Varises tentu saja akan membuat kaki jadi tidak cantik lagi. Untuk itu nenek bilang kita tidak boleh menyilangkan kaki. Well, kenyataannya menyilangkan kaki bisa menimbulkan kesemutan karena peredaran darah yang kurang lancar. Tetapi ia tidak sampai menyebabkan varises kok. Varises umumnya disebabkan karena ada warisan genetikal, kebiasaan merokok, berdiri terlalu lama atau efek dari kehamilan.

MITOS: pasta gigi bisa mengempeskan jerawat

Jangan sembarang mengoleskan apapun pada jerawat yang sedang meradang. Termasuk mengoleskan pasta gigi yang katanya bisa membuatnya kempes.

Beberapa pasta gigi mengandung bahan pemutih yang bahkan bisa memperparah peradangan pada jerawat. Rasa panas pada jerawat juga tidak disebabkan oleh pasta gigi yang sedang melawan bakteri, melainkan kandungan menthol yang terdapat pada pasta gigi.

MITOS: berjemur bisa menyembuhkan jerawat

Kenyataannya, terlalu lama berjemur bisa membahayakan kulit Anda. Terutama bila Anda tidak memakai sunblock, kulit bisa terbakar sinar matahari dan iritasi.

MITOS: kebanyakan cokelat bikin jerawat

Hingga saat ini belum terbukti cokelat dan makanan lain menjadi penyebab munculnya jerawat. Beberapa dokter percaya bahwa bakterilah yang menjadi penyebabnya.

Ingin menyembuhkan jerawat di wajah, lebih baik konsultasikan dengan dokter ahli. Menjaga kebersihan wajah, serta minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading