Sukses

Beauty

Makanan Yang Dibakar Sebabkan Keriput Wajah

Sate, ayam panggang dan ikan bakar adalah hidangan yang lezat dan disukai masyarakat Indonesia. Tapi Anda harus hati-hati, makanan yang diolah dengan cara panggang atau bakar menyebabkan keriput dan penuaan kulit lebih cepat. Hal ini disampaikan oleh ilmuwan Inggris sebagai kesimpulan penelitian.

Makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang lebih cepat menyebabkan keriput dan penuaan pada kulit. Makanan panggang mengandung molekul berbahaya bernama Advanced Glycation End (AGE). Molekul tersebut memberi pengaruh pada kemudaan kulit para wanita. Demikian hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan Inggris, seperti dilansir Genius Beauty, Rabu (8/8).

Molekul yang dihasilkan makanan yang dibakar merupakan percepatan glikosilasi. Glikosilasi adalah proses melimpahnya glukosa di dalam darah dan terikat pada molekul yang menyebabkan kerusakan sel-sel. Glikosilasi dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Pilih Makanan Yang Direbus Atau Kukus

Anastacia Calea, seorang dokter dari Inggris mengatakan bahwa makanan yang diproses dengan panas tinggi dan kering lebih berbahaya dibandingkan makanan yang direbus atau dikukus. Tingkat AGE dalam sepotong ayam yang dimasak dengan cara dibakar/panggang meningkat 4 kali dibandingkan saat dimasak dengan microwave. Semakin tinggi suhu proses pemanggangan, semakin banyak molekul AGE yang terkandung dalam makanan.

Sudah saatnya memikirkan ulang makanan hidangan yang Anda konsumsi. Mulai beralih pada makanan yang direbus atau dikukus bisa menjadi pilihan yang baik. Meskipun rasanya tidak seenak makanan yang dipanggang/dibakar, kesehatan Anda lebih terjaga dan terhindar dari keriput dan penuaan dini.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading