Sukses

Beauty

Tepat Waktu

Oleh Evi Nurulita.

Waktu pemakaian produk kecantikan sama pentingnya dengan produk yang Anda gunakan pada kulit. Percaya  atau tidak, garis-garis halus dan noda hitam pada wajah akan menghilang lebih cepat dengan beberapa tip ini.

Perawatan Siang Hari

EXFOLIATE

Wajah telrihat kusam? Mungkin permasalahannya tidak hanya pada pola tidur Anda yang berantakan. Sel kulit yang mengalami pengelupasan alami seiring dengan umur yang bertambah mungkin bisa jadi penyebabnya. Namun menurut Rolanda Johnson, Ph.D., ilmuwan senior dari Olay, proses tersebut cenderung melambat ketika Anda tidur. Meski begitu sisa kulit mati hasil pengelupasan alami tersebut tetap menempel di atas kulit dan menambah kekusaman di pagi hari. Solusinya:

1. Optimalkan morning cleansing Anda dengan Neutrogena Wave. Beauty tool keluaran Johnson & Johnson ini, memiliki getaran lembut yang mampu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit kering dan iritasi pada pengelupasan.

2. Padukan kinerjanya dengan pembersih yang lembut seperti The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash, dengan kandungan Organic Soya Oil yang membantu memperbaiki kelembapan kulit setelah pengelupasan.

3. Anda juga bisa membantu pengelupasan kulit agar lebih maksimal dengan bantuan beberapa produk dengan kandungan aktif seperti glukosamin, salicylic dan glycolic acids. Menurut Paula  Begoun dari Paula’s Choice, kandungan aktif tersebut membantu kulit melepaskan lapisan terluar sel-sel kulit mati, membuat sel-sel yang lebih sehat dapat muncul ke permukaan, hingga tekstur dan warna kulit akan semakin baik. Glycolic acid terdapat pada Paula’s Choice 8% AHA Gel, pilihan lain yang bisa jadi alternatif adalah Khiel’s Photo-Age Deep-Action Exfoliating Cleanser, dengan kandungan salicylic acid-nya. Namun yang perlu diketahui, sebaiknya Anda tidak menggunakan produk yang mengandung acids – baik salicylic acid maupun glycolic acid – bersamaan dengan produk anti-aging yang mengandung bahan aktif retinol. Pada kulit yang cenderung sensitif, kombinasi bahan aktif tersebut dapat menyebabkan iritasi.

LINDUNGI!

Seperti yang diketahui, hormon kortisol biasanya berada pada level tertinggi di pagi hari, hal ini dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Meski begitu kulit tetap memerlukan perlindungan ekstra, terlebih dari sinar UV dan polusi. Untuk memaksimalkan perlindungan kulit, ini langkahnya:

1. Coba oleskan RoC Minesol Triple Defense SPF50+ Fluid Cream pada kulit wajah, hindari area sensitif di bawah mata. Penggunaan tabir surya ini dapat dikatakan memiliki peranan penting bagi perlindungan kulit. Namun yang lebih penting adalah cara penggunaannya dengan benar, karena dengan begitu efektivitas tabir surya dapat teruji apalagi jika dikombinasikan dengan produk kecantikan lainnya seperti pelembap atau alas bedal. Kesalahan yang seringkali terjadi, biasanya tabir surya digunakan setelah pelembap padahal penggunaan yang benar adalah sebaliknya. Tabir surya merupakan produk pertama yang menempel pada kulit Anda karena fungsinya yang melindungi kulit dari serangan sinar UV.

2. Dikatakan tabir surya adalah pilihan tepat untuk perlindungan dari kerusakan kulit. Namun tidak ada ketentuan dari besarnya SPF dalam tabir surya yang mengklaim dapat melindungi Anda secara total dari kerusakan kulit. Maka dari itu diperlukan antioksidan yang menetralisir radiasi UV dan zat radikal bebas pada tubuh. Coba L’Occitane Very Precious Regenerating Concentrate.

3. Jika kulit Anda cenderung normal ke kering, tak perlu ragu untuk menambahkan krim pelembap, seperti Olay Total Effect. Sedangkan untuk kulit berminyak, Anda boleh melewati tahap ini.

Perawatan Malam Hari

Saat tidur, kulit Anda beristirahat. Setelah seharian menahan air untuk melembapkan, pada malam hari kulit seolah berelaksasi dan pori-pori pun terbuka. Hal ini yang menjadi alasan tepat mengapa produk yang berupa krim malam – biasanya kaya akan pelembap – mampu terserap secara maksimal malam hari. Apapun target Anda, baik itu menghilangkan kerutan atau  noda hitam, hasilnya akan maksimal jika produk-produk tersebut diaplikasikan saat kulit sudah tidak lagi terpapar sinar matahari.

1. Dimulai dengan serum. Sebenarnya formula ini tidak hanya bagus digunakan malam hari, pada siang hari pun serum dapat bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan serum merupakan cairan dengan bahan aktif yang konsentrat tinggi, sehingga dengan mudah menyerap ke dalam kulit.

2. Penggunaan produk di malam hari harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk mengatasi kerutan, pilih produk yang mengandung bahan peptida atau retinoid acid seperti, Clarins Extra-Firming Night Cream. Sedangkan untuk noda hitam, atasi dengan krim yang difokuskan pada area tertentu. Anda bisa coba, Clinique Even Better Clinical Dark Spot Corrector. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan krim malam dengan kandungan retinol untuk mempercepat pembentukan sel baru pada kulit dan mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata.

3. Tidak hanya siang hari, di saat kulit berelaksasi malam hari antioksidan pun tetap diperlukan. Pada saat Anda beristirahat kulit pun perlu melepaskan zat radikal bebas yang tak hanya dilakukannya saat terpapar matahari. Untuk itu, gunakan kembali serum antioksidan Anda sebelum tidur. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan benar agar tidak ada sisa kotoran yang menempel di atas kulit hingga serum antioksidan ini akan sulit melakukan ‘tugasnya’.

4. Perawatan mata tak kalah pentingnya. Area kulit bawah mata merupakan daerah yang sensitif karena lapisan tipisnya dan sangat rentan dengan kerutan atau iritasi. Jika Anda ingin mengatasi kerutan, area bawah mata merupakan target utama. Gunakan produk dengan kandungan retinol seperti Estee Lauder Advanced Night Eye Repair  Synchronize Complex untuk menyamarkan garis kerutnya. Ingat untuk menggunakannya secara rutin.

Source: Good Houkeeping, edisi November 2011, halaman 25

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading