Sukses

Beauty

Tips Bila Rambut Terlalu Berminyak

Rambut yang berminyak dapat memberikan kesan yang kotor dan kurang dirawat. Padahal setiap hari sudah keramas :(

Penyebab utama rambut berminyak (berlebihan) bisa jadi beberapa hal, di antaranya adalah diet tidak sehat, terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut, kurang bersih saat berkeramas, salah memilih produk atau karena stress yang dialami.

Apapun penyebabnya, Anda bisa kok mengatasinya dengan beberapa trik berikut:

Sampo yang harus dipakai

Trik pertama, gunakan shampo yang formulanya khusus dibuat untuk rambut berminyak 1-2 kali seminggu. Mengapa? karena sebenarnya formula keras dari shampo ini akan membuat batang rambut menjadi kering dan justru kulit kepala semakin berminyak. Untuk mengatasinya, saat berkeramas setiap hari baiknya Anda menggunakan daily shampo saja. Formulanya jauh lebih ringan dan difokuskan untuk membersihkan rambut dari kotoran dan debu.

Pakai conditioner di batang rambut

Biasanya, bagian rambut yang kering adalah bagian batangnya saja. Sehingga lebih baik mengaplikasikan conditioner di batang rambut. Utamakan juga bagian ujung-ujung yang biasanya kering dan pecah-pecah.

Memakai conditioner juga tak boleh berlebihan. Kira-kira satu sendok teh saja untuk rambut yang panjang, sedangkan rambut pendek dan medium, cukup setengah sendok teh saja.

Bilas rambut lebih lama

Ada kemungkinan rambut yang terlalu berminyak disebabkan karena kurang bersih saat membilas rambut. Nah, mulai sekarang bilas rambut lebih lama hingga rambut terasa benar-benar bersih dari residu shampo.

Ciri rambut yang bersih dari shampo, ia tidak akan mengeluarkan busa dan rasanya jauh lebih kesat serta lembut.

Batasi penggunaan produk perawatan rambut

Memberikan perawatan rambut yang maksimal bukan berarti harus memakai semua produk bersamaan setiap hari. Setidaknya Anda harus punya jadwal khusus yang bisa mengatur produk mana yang akan Anda gunakan.

Misalnya, penggunaan serum setiap 3 hari sekali, sedangkan tonic rambut satu minggu sekali, dan hairspa setiap satu bulan sekali saja.

Perhatikan pola makan juga

Kita juga harus memperhatikan asupan nutrisi untuk rambut agar perawatan maksimal tak hanya dari luar, namun juga dari dalam. Makanan-makanan yang baik untuk rambut semisal: yang kaya akan vitamin E dan vitamin C, kalsium, serta protein dan zinc.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading