Sukses

Beauty

Manfaat Kondisioner Untuk Rambut Sehat

Sampo dan kondisioner adalah benda yang sama-sama penting untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rambut. Sayangnya, banyak di antara kita yang sengaja tidak memakai kondisioner dengan berbagai alasan, padahal pemakaian kondisioner harus dilakukan untuk semua jenis rambut. Sekalipun rambut Anda sudah halus dan lembut, kondisioner tetap harus dipakai setelah membilas shampo.

MANFAAT KONDISIONER

 

Jika Anda belum tahu manfaat kondisioner dan meragukan keampuhannya untuk merawat rambut, Anda harus membaca ini!

Mengganti Minyak Alami. Deterjen yang terkandung dalam shampo dapat membersihkan kotoran sekaligus minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Kondisioner akan menggantikan minyak alami tersebut dengan kadar minyak yang rendah untuk melindungi setiap helai rambut. Hal ini akan mencegah rambut mengalami kekeringan karena kehilangan minyak alami setelah selesai keramas.

Merapikan Kutikula Rambut. Rambut dan kuku terbuat dari bahan yang sama. Jika diperbesar dengan mikroskop, satu helai rambut tersusun atas kutikula yang bentuknya menyerupai sisik ikan yang tersusun rapi. Saat Anda memakai shampo atau memakai bahan kimia pada rambut, kutikula atau sisik rambut tersebut akan mencuat dan tidak rapi. Ini akan membuat rambut terasa sangat kasar dan kusam. Pemakaian kondisioner akan membuat kutikula rambut kembali tersusun rapi. Anda bisa merasakan bahwa rambut akan semakin lembut dan mudah diatur jika memakai kondisioner, itu karena kutikula di setiap helai rambut kembali rapi.

Rambut Mengembang dan Terlindungi.Beberapa kondisioner dirancang tidak hanya untuk membuat rambut berkilau, tetapi juga memberikan volume sehingga rambut lebih mengembang. Selain itu, beberapa produk kondisioner terkini menambahkan formula untuk melindungi rambut dari terpaan panas dari peralatan rambut, melindungi rambut dari paparan UV A dan B, juga melindungi rambut dari pengaruh radikal bebas.

PEMAKAIAN KONDISIONER YANG TEPAT

 

"Saya malas pakai kondisioner, karena rambut jadi cepat berminyak dan bikin ketombean," cerita sahabat kami.

Hal ini mungkin pernah Anda alami dan membuat Anda trauma untuk memakai kondisioner. Sebenarnya, kondisioner diciptakan hanya untuk helai rambut, bukan untuk kulit kepala. Masalah rambut yang cepat berminyak dan berketombe setelah memakai kondisioner seringkali disebabkan karena seseorang memakai kondisioner pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Padahal, cara tersebut tidak tepat. Cara yang paling baik adalah:

  • Setelah membilas shampo, buang sisa kelebihan air pada rambut dengan meremas lembut rambut yang basah, atau tepuk-tepuk dengan handuk kering.
  • Pakai kondisioner hanya setengah bagian rambut. Caranya mudah, ambil rambut seperti jika Anda akan membuat kuncir kuda, dari situlah Anda bisa memakaikan kondisioner hingga ujung rambut.
  • Diamkan selama maksimal 3 menit, lalu bilas sampai bersih.
  • Usahakan kondisioner tidak menyentuh kulit kepala Anda!

KONDISIONER TERPISAH ATAU SAMPO 2 in 1?

 

Ada banyak sekali jenis kondisioner yang beredar di pasaran, tetapi kondisioner terbaik adalah kondisioner bilas yang Anda pakai setelah memakai shampo. Bagaimana dengan shampo 2 in 1 yang praktis karena berfungsi sebagai sampo dan kondisioner? Beberapa sahabat kami melaporkan bahwa rambut mereka menjadi lepek dan berketombe setelah memakai sampo 2 in 1, tetapi sebagian lagi merasa baik-baik saja memakai sampo jenis ini.

Saran kami, mengingat manfaat kondisioner pada poin nomor 2, ada baiknya Anda memakai kondisioner terpisah karena fungsi sampo dan kondisioner berbeda. Selain itu, efek merapikan kutikula rambut lebih baik pada kondisioner terpisah.

Jangan ragu memakai kondisioner untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau sepanjang usia :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading