Sukses

Beauty

Kondisioner Bisa Berfungsi Sebagai Sampo Lho..

Vemale.com - Mungkin Anda heran membaca judul artikel kami, tetapi kami tidak sedang bercanda lho, Ladies. Sampo memang telah lama kita kenal sebagai bahan untuk membersihkan rambut dari minyak dan kotoran yang menempel, plus beberapa janji produsen shampo yang mengatakan bisa membuat rambut halus dan lembut hanya dengan keramas. Sedangkan kondisioner sendiri adalah 'pendamping' shampo yang selama ini kita kenal sebagai pelembut rambut. Jika shampo bertugas membersihkan rambut dengan efek membuat kutikula rambut berantakan, maka tugas kondisioner merapikan kutikula itu dan memberikan hasil akhir rambut yang halus dan berkilau.

Kenapa Kondisioner Bisa Menggantikan Sampo?

Seiiring berjalannya waktu, semakin banyak wanita yang meninggalkan shampo dan beralih pada kondisioner sebagai bahan pencuci rambut. Memangnya kondisioner bisa seefektif shampo? Sebenarnya, bahan utama dari shampo adalah 10 hingga 15 persen detergen, plus, kandungan Sodium Laureth Sulfate atau Ammonium Lauryl Sulfatepada sampo yang terbukti ampuh menyingkirkan kelebihan minyak pada rambut.

Kondisioner sebenarnya juga mengandung detergen walaupun tak sebanyak sampo, hanya 1 hingga 5 persen (karena itulah Anda bisa melihat gelembung sabun halus saat membilas kondisioner). Sekaligus, kandungan pelembut dan pelembab yang membuat hasil mencuci rambut dengan kondisioner lebih menyenangkan pada pemilik rambut kering dan rusak.

Apakah Ada Catatan Khusus Bila Keramas Dengan Kondisioner?

Sebagai bahan yang bertujuan memberi kelembaban dan kelembutan pada rambut, kondisioner bisa memberikan efek berat atau berminyak, terutama jika seseorang memiliki kulit kepala dengan kondisi berminyak. Selain itu, kondisioner juga bisa menyerap debu dan kotoran lebih cepat. Karenanya, jika Anda ingin memakai kondisioner sebagai pencuci rambut, pilih kondisioner yang bebas silikon (bisa Anda baca pada artikel: Silikon Untuk Rambut Apa Manfaatnya?). Biasanya kondisioner tanpa silikon memiliki harga yang lebih murah tetapi memberi hasil cuci rambut yang lebih ringan dibandingkan kondisioner dengan kandungan silikon.

Metode cuci rambut dengan kondisioner ini paling cocok digunakan untuk si pemilik rambut kering dan rusak. Dengan sedikit terpaan detergen, maka semakin kecil kerusakan rambut yang terjadi. Berminat dengan metode cuci rambut ini?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading