Sukses

Beauty

Penyebab Lingkaran Hitam di Mata Yang Sebenarnya

Vemale.com - Pernah mendapati ada lingkaran hitam di bawah mata, padahal Anda merasa tidak sedang kurang tidur?

Sebuah penelitian kemudian dilakukan untuk hal ini. Dan hasilnya, munculnya lingkaran hitam di bawah mata tidak hanya disebabkan kurangnya jam tidur, namun juga berkaitan dengan anemia, kondisi liver dan dehidrasi.

Penelitian tersebut diungkapkan oleh Dr. Satish Mehta, Ophthalmologist dari Moolchand Eye Clinic, seperti dikutip dari IndiaTimes. Dan, apakah selalu disebabkan oleh adanya penyakit tersebut? Dalam hasil penelitian ditemukan pula beberapa penyebab lain yang menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata, seperti dijabarkan berikut ini.

Penuaan

Setiap orang pasti mengalami penuaan, dan salah satu akibat dari penuaan adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang perlahan semakin kentara. Hal ini disebabkan, saat tubuh menua, kulit tubuh semakin tipis (berbanding terbalik dengan fase bayi), tipisnya kulit ini kemudian membuat pembuluh darah jadi terlihat lebih jelas. Dan inilah mengapa kulit di daerah bawah mata menjadi terlihat lebih gelap.

Genetik

Selain itu, munculnya lingkaran hitam di bawah mata juga disebabkan oleh kondisi genetik seseorang. Bahkan di usianya yang masih muda, lingkaran tersebut bisa terlihat sangat kentara.

Kurang nutrisi

Penyebab lainnya adalah, kurang vitamin A, C, K dan E di dalam tubuh. Yang tidak hanya mempengaruhi kondisi bagian tubuh lain, namun juga kulit di bawah mata. [quotes]

Minuman keras dan rokok

Kebiasaan mengonsumsi minuman keras dan rokok, menjadi salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Bahkan, ini adalah penyebab yang cukup menimbulkan komplikasi lain. Pengonsumsian kafein dan minuman beralkohol mempengaruhi liver, memaksa tubuh tidak beristirahat dan kekurangan cairan tubuh.

Perubahan hormon

Pada fase kehamilan atau menstruasi, seringkali muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dan ini hal yang normal pada wanita, karena pada fase tersebut ada perubahan hormon yang terjadi.

Alergi

Cermati kembali munculnya lingkaran hitam di bawah mata apabila Anda tidak mengalami gejala lain yang telah disebutkan di atas, karena bisa jadi ini adalah efek dari alergi.

Yang jelas, miliki jam istirahat cukup agar tubuh dapat mengisi kembali energi yang akan dibutuhkan untuk beraktivitas.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading