Sukses

Beauty

Silikon Untuk Rambut, Apa Manfaatnya?

Vemale.com- Apa yang Anda pikirkan mengenai silikon? Bahan ini, terutama silikon padat sering dipakai dalam proses operasi, terutama yang berhubungan dengan bedah kecantikan, misalnya saja untuk pembesaran payudara, membentuk hidung dsb. Selain itu, silikon sering dipakai sebagai bahan kimia dalam industri. Bagaimana dengan silikon dalam produk perawatan rambut?

Silikon yang dipakai untuk rambut tentu tidak berbentuk padat dan tidak menyebabkan reaksi berbahaya. Makin banyak produk perawatan rambut yang memakai silikon, apakah manfaatnya?

- Silikon yang dipakai dalam produk perawatan rambut memiliki efek melindungi rambut dengan bahan hydrophobic tipis dan biasanya bersifat waterproof (tidak hilang walau dibilas air).

- Mengurangi efek penyerapan, baik panas atau kelembaban, karena itulah silikon baik dipakai sebelum rambut mengalami proses smoothing dan pelurusan.

- Mengurangi hilangnya kelembaban yang telah ada di dalam rambut, artinya, silikon berfungsi mengunci melembabkan.

- Melapisi rambut sehingga menghasilkan efek halus, rapi dan mudah disisir.

Bagaimana mengetahui sebuah produk perawatan rambut memiliki kandungan silikon? Cek daftar komposisinya! Mayoritas produk menggunakan silikon di bawah ini:

1. Cyclomethicone

Ini adalah silikon yang paling banyak dipakai pada produk perawatan rambut. Silikon ini bisa menguap jika telah diaplikasikan beberapa saat. Tidak banyak memberikan efek perlindungan, tetapi mampu memberi efek rambut yang halus dan lembut ketika dalam kondisi setelah keramas. Banyak dipakai dalam produk perawatan rambut yang dibilas.

2. Dimethicone Copolyol

Silikon jenis ini larut dalam air, sangat ringan dan tidak menyebabkan penumpukan silikon pada rambut. Memberi efek halus, lembut dan mudah disisir lebih lama dibandingkan Cyclomethicone. Banyak terdapat pada shampo 2 in 1.

3. Amodimethicone

Lebih dikenal dengan istilah amo, amine atau amino. Silikon jenis ini adalah modifikasi yang akan melekat dengan baik pada rambut. Memberi manfaat menjaga kelembaban dan rambut yang lebih halus. Tetapi, dengan sifat yang menempel lebih kencang pada rambut, ada upaya yang lebih sulit saat membersihkannya. Biasanya terdapat pada produk kondisioner tanpa bilas.

4. Dimethicone

Sering juga disebut minyak silikon. Dimethicone adalah mantel untuk rambut yang memberikan perlindungan ekstra, membuat rambut sangat bersinar, sehat dan mampu mendinginkan rambut. Tetapi, bahan ini tidak larut dalam air, sulit untuk dihilangkan dan dibersihkan. Selain itu, lapisan yang dihasilkan membuat rambut terasa lebih berat dan lebih mudah menarik kotoran maupun polutan. Hal itulah yang membuat rambut seseorang cepat lepek dan berketombe setelah memakai produk rambut yang memakai Dimethicone. Produk perawatan rambut yang sering memakai Dimethicone adalah serum dan produk pelembab tanpa bilas.

Lalu bagaimana membersihkan rambut yang terlapisi silikon agar tidak terjadi penumpukan yang pada akhirnya membuat rambut sulit bernapas dan kusam? Cuci rambut Anda dengan shampo ringan yang tidak mengandung silikon. Ulangi proses shampo hingga rambut menghasilkan busa, terutama jika Anda memakai produk yang mengandung Dimethicone.

Anda tak perlu khawatir memakai produk perawatan rambut yang mengandung silikon. Jika takut rambut menjadi lepek dan berat, sebaiknya Anda memakai produk yang mengandung silikon Cyclomethicone atau Copolyol Dimethicone. Silikon tersebut memberikan efek halus dan bersinar tanpa membuat rambut 'sulit bernapas'.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading