Sukses

Beauty

Keluhan Seputar Sunscreen & Solusinya

Vemale.com - Banyak keluhan yang datang seputar sunscreen atau sunblock. Walau begitu, jangan sampai keluhan-keluhan itu membuat Anda malas memakainya sebagai perlindungan dari bahaya sinar matahari. Dikutip dari Redbookmag, inilah keluhan paling banyak seputar sunscreendan solusinya dari para ahli.

"Saya takut kalau bahan dalam sunscreen akan menaikkan risiko kanker."

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa dua bahan utama sunscreen yaitu oxybenzone (bahan yang menyerap UV) dan retinyl palmitate (antioksidan) bisa jadi menaikkan risiko kanker. Tetapi penelitian itu dilakukan pada tikus dan diberikan dalam dosis yang tinggi, ujar Steven Wang, seorang dermatologist. Banyak ahli yang tidak sependapat bahwa dua bahan itu berbahaya. Tetapi jika Anda masih ragu, tidak perlu memakai sunscreen yang mengandung dua bahan tersebut, pilih sunscreen yang mengandung mineral-based yang memakai zinc oxide or titanium dioxide sebagai pengganti oxybenzone.

"Sunscreen membuat wajah saya berjerawat."

Bahan kimia yang terdapat dalam sunscreen waterproof akan mengunci minyak dan keringat yang dapat menyebabkan jerawat, dan bahan kimia pada sunscreen berpotensi menyebabkan iritasi kulit, ujar Wang. Untuk menghindari masalah ini, pilih sunscreen non-waterproof dan terbuat dari mineral-based.

"Saya tidak pakai sunscreen agar mendapat vitamin D."

"Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D adalah dari makanan atau suplement," ujar Vernon Sondak, seorang oncologist. Anda bisa mendapatkan 600IU vitamin D dari suplementatau dengan mengonsumsi salmon (794IU per 3 ons) atau susu (100 IU per 8 ons).

"Sunscreen yang terkena mata membuat rasa perih."

Untuk bagian yang sensitif di sekitar mata dan kening, Allan Halpern seorang dermatologist menyarankan agar Anda menggunakan sunscreen dalam bentuk stik. Sunscreendalam bentuk stik lebih tahan lama dan tidak akan mudah luntur karena air dan keringat yang bisa mengalir di mata.

"Beberapa sunscreen terlalu tebal dan kental, sulit menyatu pada wajah. Aku terlihat seperti hantu."

Jika Anda ingin hasil yang rata tanpa kesan seperti hantu tetapi dengan perlindungan sebaik sunscreen krim, pilih sunscreen dalam bentuk spray. "Spray pada wajah dan usap secara merata dengan tangan," ujar Halpern. Pastikan Anda menyemprotnya secara merata, atau Anda tetap berisiko mendapat efek terbakar sinar matahari.

(vem/wsw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading