Sukses

Beauty

Bibir Gatal Setelah Pakai Lipstik? Ini Kemungkinan Sebabnya

Kondisi tubuh setiap orang tentu berbeda-beda Ladies. Karenanya jangan heran jika ada sebuah merk kosmetik yang bekerja dengan baik pada satu orang, bisa menyebabkan iritasi pada orang lain. Ini sering sekali terjadi. Ternyata tak cuma pada kulit wajah saja lho Ladies, ada orang yang yang merasa gatal-gatal setelah memakai lipstick tertentu padahal lipstick yang sama aman-aman saja untuk mayoritas orang lain.

Ternyata kondisi ini dinamakan Cosmetic Dermatitis. Cosmetic Dermatitis adalah sebuah kondisi medis yang membuat seseorang tidak dapat memakai jenis kosmetik tertentu karena terdapat allergen atau zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi. Setelah memakai lipstik bisa jadi orang ini akan mengalami rasa gatal dan reaksi kemerahan pada bibirnya. Ini bahkan bisa makin buruk lho Ladies. Orang ini bisa mengalami bibir bengkak dan terasa panas seperti terbakar.

Alergi ini bisa terjadi jika kulit seseorang terlalu sensitif terhadap bahan-bahan tertentu, contohnya zat pewarna, pewangi, atau perasa pada lipstick. Siapa saja bisa berpeluang mengalami alergi ini karena tak dapat diprediksi kemunculannya. Tak peduli lipstik itu mahal atau branded jika memang kulitmu tak cocok maka alergi akan bisa muncul Ladies.

Alergi ternyata juga bisa muncul dari produk yang sudah kamu bertahun-tahun. Ini karena sensitivitas seseorang menjadi semakin parah setiap kali produk yang sama dipakai.

Saat sudah mengalami alergi ada baiknya untuk segera menghentikan pemakaian. Jika alergi tak kunjung sembuh segera hubungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading