Sukses

Parenting

Mengenal Berbagai Vaksin pada Bayi (Part 1)

Moms, Anda pasti sudah tahu bahwa bayi membutuhkan berbagai jenis vaksinasi untuk melindungi tubuhnya dari serangan berbagai macam penyakit. Namun, tahukah Moms apa saja vaksin yang akan diberikan pada buah hati Anda?

Nah, agar Moms dapat mengerti vaksin apa saja yang dibutuhkan si kecil dan manfaat apa yang diberikan tiap vaksin tersebut, berikut ini beberapa jenis vaksin yang dibutuhkan bayi seperti yang dilangsir dari laman babycentre.co.uk.

PCV
PCV atau pneumococcal conjugate vaccine merupakan vaksin yang berguna untuk melindungi buah hati Anda dari infeksi bakteri pneumococcal. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti meningitis, keracunan darah atau septicaemia, serta pneumonia. Bahkan 1 dari 10 kasus meningitis yang ditemukan disebabkan oleh bakteri pneumococcal tersebut.

Jenis meningitis yang disebabkan oleh bakteri pneumococcal lebih berbahaya daripada meningitis C dan tak jarang berakibat fatal. Infeksi bakteri pneumococcal ini juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang bagi yang dapat bertahan darinya seperti tuli, epilepsy, hingga kesulitan belajar.

Maka dari itu, Moms perlu memberikan imunisasi PCV pada si kecil saat ia berusia 8 minggu, 16 minggu, dan 13 bulan agar ia memiliki kekebalan terhadap bakteri pneumococcal.

MenC
Vaksin MenC akan melindungi buah hati Anda dari infeksi penyakit akibat bakteri meningococcal. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit meningitis serta keracunan darah (septicaemia). Meningitis dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang pada otak dan sistem saraf hingga dapat berakibat fatal.

Penyakit meningitis dapat menular melalui penderita yang sedang bersin atau batuk. Nah, untuk melindungi si kecil, Moms perlu memberikan vaksin MenC pada bayi saat berusia 12 minggu.

Hib/MenC
Saat bayi berusia 1 tahun, ia akan mendapatkan imunisasi MenC yang juga mengandung vaksin Hib. Vaksin Hib berperan penting untuk melindungi buah hati Anda dari infeksi bakteri haemophilus influenza tipe B. Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada telinga, tenggorokan, dada, serta penyakit lainnya seperti pneumonia, epiglottis, dan meningitis.

Sedangkan vaksin MenC akan melindungi si kecil dari infeksi akibat bakteri meningococcal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab dari penyakit meningitis.

Rotarix
Vaksin rotarix melindungi bayi Anda dari rotavirus yang merupakan penyebab utama dari penyakit gastroentitis pada bayi. Gejala dari gastroentitis diantaranya adalah diare serta muntah dan dapat menyebabkan infeksi lambung dan dehidrasi yang serius. Vaksin rotarix akan diberikan pada bayi saat berusia 8 minggu dan 12 minggu.

Masih ada beberapa vaksin pada bayi di artikel selanjutnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan artikel selanjutnya ya, Moms.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading