Sukses

Parenting

Mom, Ini Lho Tanda Bahwa Buah Hati Sudah Siap Diberi MPASI

Menurut para ahli, sejak lahir sampai berusia 6 bulan, buah hati tidak seharusnya diberikan makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu). Karena apa? karena ASI sudah cukup untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh fisik dan psikis buah hati.

Seperti dilansir dari laman alodokter.com, anak bisa mulai diperkenalkan dengan makanan ketika usianya telah mencapai 6 bulan. Berdasar pedoman yang dikeluarkan oleh WHO, di usia 6 bulan sistem pencernaan anak sudah mulai bisa beradaptasi dan bekerja dengan baik. Di usia ini pula, anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sudah siap diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Apa saja tanda-tanda anak sudah siap makan atau diberi MPASI? Berikut tanda-tandanya.

  1. Anak sudah mampu menyangga lehernya sendiri dengan tegak. Ia juga terlihat nyaman ketika menggerakkan lehernya juga anggota tubuhnya yang lain.
  2. Anak mulai tertarik dengan makanan. Dia bahkan tidak jarang akan meraih dan memasukkan makanan atau benda di sekitarnya ke mulutnya. Ada koordinasi yang baik antara mata, mulut serta tangannya. 
  3. Anak bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang lain. 
  4. Ada gerakan mengunyah ketika ada makanan di mulutnya. Ya, meskipun gigi yang tumbuh belum seberapa jumlahnya. 
  5. Anak memperlihatkan tanda-tanda bahwa ia lapar. Beberapa anak akan menangis saat ia lapar. Beberapa lagi akan memperlihatkan ekspresi tertarik pada makanan yang sedang dikonsumsi orang di sekitarnya.

Meski tanda-tanda bisa menunjukkan bahwa buah hati siap diberi MPASI atau makanan pertamanya, tidak semua tanda menentukan bahwa buah hati sudah siap makan. Hanya karena buah hati sudah bisa memasukkan jarinya ke mulut, ini bukan berarti ia telah siap makan.

Tetap penting bagi Mom untuk memahami buah hati sebaik mungkin. Pastikan agar tidak terlalu buru-buru memberi buah hati makan di usianya yang masih sangat belia. Dan lagi, walau buah hati sudah mau makan, bukan berarti Mom bisa secara langsung menghentikan asupan ASInya.

dr. Tri Permatadewi asal Jakarta mengungkapkan jika ASI tetap penting diberikan pada buah hati ketika ia siap makan. Nutrisi yang terkandung pada ASI adalah nutrisi utama yang dibutuhkan demi mendukung tumbuh kembang si kecil.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading