Sukses

Parenting

Ini Alasan Mengapa Memaksa Anak Tidur Tepat Jam 9 Itu Tak Baik

Sebagai orangtua, kamu pasti tahu bahwa secara alami, anak-anak memang membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada orang dewasa. Umumnya, anak-anak sudah harus tidur jam 9 malam. Tapi bagaimana jika anak tidak mau tidur seperti yang sudah dijadwalkan dan disarankan banyak orang?

Jika kamu sudah beberapa kali menyuruhnya tidur, tapi si kecil masih saja tidak mau tidur dan mengaku tak bisa tidur, sebaiknya jangan dipaksakan, Moms. Karena seperti disimpulkan FiveThirtyEight dalam artikel seri Science Question From a Toddler di The Science of Us, mengakui bahwa waktu tidur lebih merupakan konstruksi sosial dibanding hal lainnya dengan anak.

Umumnya, tidur anak memang lebih banyak dari orang dewasa, tapi ada banyak variabilitas juga dalam hal ini yang memungkinkan anak tidak tidur tepat jam 9. Hal ini dibenarkan Oskar Jenni, peneliti Child Development Center di University Children's Hospital, Zurich.

Bisa jadi tingkat energi anak sangat tinggi, sehingga ia butuh menghabiskan energinya untuk beraktivitas hingga benar-benar lelah, baru bisa pergi tidur. Jika pada hari itu, anak tidak banyak beraktivitas, tidak heran jika kemudian ia sulit tidur malam harinya. Tidak masalah Moms, temani ia bermain atau biarkan saja ia melakukan sesuatu hingga lelah, baru temani tidur.

Jangan memaksakan kehendak ketika anak memang belum bisa tidur. Yang terjadi, anak justru merasa tertekan dan trauma, dan hubunganmu dengan anak jadi tidak baik. Wah, nggak mau seperti ini kan, Moms?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading